Breaking News

KPU Provinsi Faktual Kepengurusan PSI

IMG-20171217-WA0116
bengkulu.kpu.go.id – Senada dengan Partai Perindo, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sebagai partai calon peserta Pemilu tahun 2019 dilakukan verifikasi faktual terhadap kepengurusan tingkat Provinsi sebagaimana amanat Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.
Komisi Pemilhan Umum Provinsi Bengkulu melalui tim verifikator yang terdiri dari Siti Baroroh selaku Ketua Tim bersama anggota tim diantaranya Eko Sugianto, Siswanto, Oktan Huzaeiry, Hendra Kurniawan, Aderianko dan Handri Kupatri Jaya mendatangi Kantor Dewan Pimpinan Wilayah Partai Solidaritas Indonesia Provinsi Bengkulu yang beralamat di Jalan Letkol Santoso Nomor 12 RT/RW. 02/01 Kota Bengkulu pada (17/12).
Tim verifikator yang juga mendapat pengawasan Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu tiba di kantor PSI pada pukul 10.00 WIB dan disambut oleh Pengurus DPW Partai Solidaritas Indonesia Provinsi Bengkulu. Dalam sambutan pembukanya ketua tim verifikator, Siti Baroroh mengucapkan selamat kepada Partai Solidaritas Indonesia yang telah lolos pada tahap verifikasi administrasi sebagai Calon Peserta Pemilihan Umum 2019. Ditambahkan ia bahwa tujuan kedatangan tim dari KPU Provinsi Bengkulu untuk melakukan verifikasi faktual terhadap kepengurusan tingkat Provinsi dengan mencocokkan dokumen-dokumen antara lain : SK Kepengurusan, Kartu Tanda Anggota (KTA) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Pengurus Inti Partai diantaranya Ketua, Sekretaris dan Bendahara dan Keterangan Domisili kantor serta, Persentase Keterwakilan Perempuan.
Ketua DPW Partai Solidaritas Indonesia, Muharram menyambut baik kedatangan tim verifikator dan mempersilahkan Tim untuk melakukan verifikasi faktual terhadap dokumen-dokumen tersebut yang telah mereka siapkan.
Dari pencocokan dokumen dengan data yang di upload di aplikasi sipol, tim menemukan kesalahan penginputan Nomor KTA dan NIK atas nama Muharram (Ketua) dan Reni Sartika (Sekretaris) yang terbalik antara KTA dan NIK nya, sedangkan Nopita Sari (Bendahara Partai) tidak terjadi kesalahan. Selanjutnya untuk verifikasi Keterwakilan Perempuan, Tim Verifikasi dapat menyimpulkan bahwa partai tersebut Memenuhi Syarat (MS) karena dari 7 (tujuh) orang pengurus 3 (tiga) diantaranya adalah perempuan atau 42,8 % keterwakilan perempuan.
Terhadap keberadaan kantor, tim menemukan perbedaan nama ketua partai pada surat perjanjian sewa Kantor antara Muharram dan Muharram Effendi namun di klarifikasi oleh yang bersangkutan bahwa nama tersebut adalah orang yang sama yang dinyatakan dengan Surat Pernyataan. Sedangkan surat keterangan domisili dari Kelurahan setempat, tim tidak menemukan permasalahan dan sesuai dengan data yang ada di sipol.
Terhadap hasil faktual tersebut tim menyampaikan bahwa kesimpulan hasil kerja tim verifikator kepengurusan partai politik tingkat provinsi untuk partai PSI provinsi Bengkulu antara data faktual dengan data yang di upload di aplikasi sipol telah sesuai dan cocok. Hasil dari tim verifikator ini kemudian akan di bawa ke dalam rapat pleno KPU Provinsi Bengkulu untuk dituangkan dalam Berita Acara yang akan di sampaikan kepada partai politik pada tanggal 22-23 desember 2017 sesuai dengan PKPU nomor 11 tahun 2017 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2019.(irs)
IMG-20171217-WA0136