Faktual Kepengurusan, Ketua Perindo Absen

IMG-20171217-WA0170
bengkulu.kpu.go.id – Dimulainya tahapan verifikasi faktual kepengurusan partai politik tingkat Provinsi pada 15-21 desember 2017, KPU Provinsi Bengkulu Mendatangi kantor partai Persatuan Indonesia (Perindo) yang beralamat di Jl. Mayjen Sutoyo RT. 003, RW.02 Kelurahan Tanah Patah Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu. Rombongan verifikator yang di pimpin oleh Komisioner KPU Provinsi Bengkulu divisi hukum, Zainan Sagiman dan anggota tim diantaranya Aries Munandar, F. Adly, Hamzah, Ahmad Karyadi, Iskandar dan Irsyad Kamarudin.
Tim verifikator yang tiba pada pukul 09.45 Wib disambut oleh Sekretaris DPW Partai Perindo, Yurman Hamedi beserta jajaran pengurus lainnya. Tak terlihat ketua DPW Partai Perindo Provinsi Bengkulu, Dirwan Mahmud dalam penyambutan tersebut. Namun saat dikonfirmasi kepada sekretaris, ia menyampaikan bahwa saat ini ketua berhalangan hadir dikarenakan Yang bersangkutan sedang berada di Jogyakarta menjadi Wali Nikah.
IMG-20171217-WA0109
Pertemuan dilakukan di ruang pertemuan kantor DPW Partai Perindo antara tim verifikator dengan pengurus partai Perindo yang juga ikut di hadiri oleh Tim Pengawas dari Badan Pengawas Pemilu Provinsi Bengkulu. Komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Zainan Sagiman selaku ketua rombongan menyampaikan hal-hal yang dilakukan dalam proses verifikasi kepengurusan partai politik di tingkat provinsi diantaranya memeriksa/mencocokkan Surat Keputusan (SK) Pengurus Partai Perindo Tingkat Provinsi Bengkulu yang di upload di aplikasi Sipol dengan SK asli; memeriksa KTP dan KTA Ketua, Sekretaris dan Bendahara; Surat Keterangan Domisili; Surat pernyataan status kantor tetap sampai dengan tahapan Pemilu berakhir (Model F4-Parpol); Surat Pernyataan Memperhatikan Keterwakilan Perempuan paling sedikit 30 % (Model F3-Parpol)
Terkait ketidakhadiran Ketua DPW saat ini, Zainan meminta pengurus untuk dapat menghadirkan yang bersangkutan ke kantor KPU Provinsi Bengkulu hingga batas akhir masa verifikasi faktual yakni tanggal 21 Desember 2017. Sekretaris DPW Perindo Provinsi Bengkulu, Yurman Hamedi meyampaikan kesiapan pengurus untuk menghadirkan ketua mereka ke kantor KPU Provinsi Bengkulu pada esok hari (18/12).
IMG-20171217-WA0164
Dari hasil verifikasi tersebut, tim menyimpulkan untuk keberadaan pengurus inti yakni ketua, sekretaris dan bendahara dinyatakan Belum Memenuhi Syarat (BMS) sedang untuk keterwakilan perempuan dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) dengan jumlah keterwakilan perempuan 40% dan keberadaan kantor juga di nyatakan Memenuhi Syarat (MS) yang dibuktikan dengan surat keterangan domisili dari kelurahan wilayah kantor berada. (irs)