Matangkan Kesiapan, Gelar Pembekalan RPP

DSC_0322
www.kpu-bengkuluprov.go.id,- Guna memaksimalkan pelayanan dalam menerima kunjungan masyarakat di Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Provinsi Bengkulu menggelar kegiatan pembekalan bagi jajaran pejabat dan staff di lingkungan sekretariat. Pembekalan berlangsung 2 (dua) hari pada rabu kamis (7-8/6) yang digelar secara marathon di ruangan media center KPU Provinsi Bengkulu.
Pada sesi pertama pembekalan, peserta di suguhi materi seputar pelayanan RPP yang disampaikan langsung oleh ketua dan anggota KPU Provinsi Bengkulu. Materi dikupas secara menyulur kepada seluruh pejabat dan staff sekretariat agar setiap orangnya dapat memahami secara utuh tujuan dan substansi di dirikannya RPP ini.
Untuk di ketahui bahwa Rumah Pintar Pemilu adalah sebuah konsep pendidikan pemilih yang juga menjadi wadah bagi komunitas pegiat pemilu membangun gerakan dengan berbagai sarana untuk memberikan pengetahuan, pemahaman, kesadaran dan inspirasi masyarakat tentang pentingnya pemilu dan demokrasi. Untuk menjalankan fungsi itu berbagai hal tentang pemilu dan demokrasi dapat disampaikan melalui penayangan audio visual, ruang pamer, ruang simulasi dan ruang diskusi. Pada fungsi yang lebih luas, konsep rumah pintar pemilu dapat difungsikan menjadi semacam museum pemilu.
Dengan demikian tujuan pokok dimana KPU sebagai otoritas penyelenggara Pemilu dapat meningkatkan partisipasi pemilih, baik secara kualitas maupun kuantitas dalam seluruh proses penyelenggaraan pemilu serta menjadi pusat informasi kepemiluan bagi publik.
DSC_0309
Berbagai konten yang wajib tersedia dalam RPP ini meliputi Sejarah Pemilu, Pentingnya Pemilu dan Demokrasi, Sistem Pemilu, Tahapan Pemilu, Peserta Pemilu, Proses Pemilihan, Profil Penyelenggara Pemilu, dan Uji Pengetahuan Pemilu yang tersaji dalam bentuk analog/digital maupun audio visual.
Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra berharap agar RPP ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin guna lebih meningkatkan capaian partisipasi pemilih dari capaian yang telah dicapai sebelumnya dan yang paling penting funsi edukasi kepemiluan dan demokrasi Indonesia bisa sampai dan dapat dipahami oleh seluruh element masyarakat.
“Kita berharap dengan fasilitas RPP yang tersedia ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin guna lebih meningkatkan capaian partisipasi pemilih dari capaian sebelumnya dan yang paling penting funsi edukasi kepemiluan dan demokrasi Indonesia bisa sampai dan dapat dipahami oleh seluruh element masyarakat khususnya Provinsi Bengkulu,” demikian Irwan.(irs)