Siswa SD Pengunjung Perdana RPP

DSC_0386
www.kpu-bengkuluprov.go.id,- Kurang dari 3 pekan pasca di resmikannya Rumah Pintar Pemilu (RPP), KPU Provinsi Bengkulu mendapat kunjungan perdana secara kelompok dari siswa Sekolah Dasar Negeri 65 Kota Bengkulu. Kunjungan siswa ini berlangsung Rabu (26/4) pukul 10.00 Wib dengan membawa rombongan 20 Siswa kelas IV. Rombongan siswa ini dikomandoi langsung oleh Kepala Sekolah, Hamsani dan seorang guru kelas.
Kunjungan siswa SD yang beralamat di Jl. Irian Kelurahan Tanjung Jaya Kota Bengkulu ini disambut langsung oleh pimpinan KPU Provinsi Bengkulu dan di pandu oleh petugas RPP yakni Angki Galaty pegawai sekretariat KPU Provinsi Bengkulu.
Dalam kunjungan ini siswa disuguhi dengan penjelasan seputar pelaksanaan pemilu, cara mencoblos dan penghitungan suara. Agar suasana kunjungan menjadi santai dan enjoy, oleh petugas siswa diajak belajar Pemilu sambil bermain game yang sesekali di ajak tanya jawab berhadiah (doorprize). Selain itu siswa juga disuguhi tontonan video seputar sejarah Pemilu dan pelaksanaannya.
Dibagian akhir kunjungan, siswa diajak menguji pengetahuan yang sudah di dapat dengan mencoba melakukan simulasi pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS pada ruang simulasi RPP yang telah di siapkan.
Terlihat begitu antusiasnya siswa SD ini mengikuti simulasi yang mana setiap orangnya ingin terlibat secara langsung menjadi petugas KPPS. Melihat antusiasme ini, petugas pemandu RPP membagi siswa dalam 2 kelompok dimana kelompok pertama menjadi petugas KPPS dan kelompok lainnya menjadi pemilih. Selanjutnya bergantian kelompok kedua yang menjadi petugas KPPS dan kelompok pertama menjadi pemilih.
Diungkapkan Kepala SD Negeri 65 Kota Bengkulu, Hamsani “pelajaran tentang pemilu sebetulnya dipelajari dalam mata pelajaran PPKN di sekolah, hanya saja mungkin tidak up to date dari waktu ke waktu sehingga kunjungan belajar ini sangat perlu untuk dilakukan dalam rangka memberikan pengetahuan yang utuh kepada siswa tentang Pemilu dan Pilkada di Indonesia.
Sebelum beranjak kembali kesekolah, siswa kemudian di ajak untuk berfoto selfie oleh petugas dalam suasana keakraban. “Saya sebagai petugas yang memandu merasa sangat senang memberikan pengetahuan kepada siswa, antusiasme dan keingintahuan mereka melebihi ekspektasi kami sebelumnya. Kami berharap hal ini dapat menular di semua sekolah yang ada baik di Kota Bengkulu maupun di Kabupaten lainnya agar pendidikan pemilih dapat diperkenalkan sejak dini,” demikian Angki.
20170508_102333
SD Negeri 22 Pengunjung Berikutnya
Berselang 2 pekan kemudian, Rumah Pintar Pemilu KPU Provinsi Bengkulu lagi-lagi mendapat kunjungan belajar dari siswa Sekolah Dasar. Adalah SD Negeri 22 Kota Bengkulu yang menjadi pengunjung berikutnya. SD yang beralamat di Jalan Bangka Pasar Minggu ini datang bersama rombongan yang di dampingi oleh Guru pendamping, ibu Fitri pada senin (8/5) pukul 09.00 Wib.
Perlakuan yang sama juga diberikan kepada SD Negeri 22 tersebut dimana petugas pemandu memberikan penjelasan seputar pelaksanaan pemilu, cara mencoblos dan penghitungan suara. Agar suasana kunjungan menjadi santai dan enjoy, oleh petugas siswa diajak belajar Pemilu sambil bermain game yang sesekali di ajak tanya jawab berhadiah (doorprize). Selain itu siswa juga disuguhi tontonan video seputar sejarah Pemilu dan pelaksanaannya.
Dibagian akhir kunjungan, siswa diajak menguji pengetahuan yang sudah di dapat dengan mencoba melakukan simulasi pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS pada ruang simulasi RPP yang telah di siapkan.
Ibu Fitri selaku guru pendamping meyampaikan rasa bangga dan terima kasihnya kepada lembaga KPU Provinsi Bengkulu yang telah membuka ruang kepada siswa untuk dapat belajar dan mencoba berperan menjadi penyelenggara secara langsung walaupun dalam simulasi.
“Kami dari pihak sekolah sangat bangga bisa berkunjung disini dan terima kasih kepada KPU Provinsi Bengkulu yang telah membuka ruang kepada siswa untuk dapat belajar dan mencoba berperan menjadi penyelenggara secara langsung. Anak-anak murid kami sangat senang dengan kunjungan belajar ini,” demikian Fitri.(irs)