Tungsura Tuntas, Rekapitulasi KPU Benteng Berjalan Lancar

DSC_1177
Tuntas sudah tahapan Pemungutan, penghitungan dan Rekapitulasi perolehan suara hasil pemilihan BUpati dan Wakil Bupati Bengkulu Tengah tahun 2017. Hal itu ditandai dengan tuntasnya pelaksanaan Rapat Pleno Rekapitulasi Perolehan Suara ditingkat KPU Kabupaten Bengkulu Tengah yang digelar kamis (23/2) di Hotel Puncak Tahura.
Rekapitulasi Penghitungan perolehan suara ditingkat Kabupaten merupakan lanjutan dari hasil penghitungan yang telah dilakukan ditingkat kecamatan sebelumnya telah berlangsung secara serentak di semua PPK se-Kabupaten Bengkulu Tengah pada jumat (17/2) lalu.
Rapat Pleno terbuka yang digelar KPU Kabupaten Bengkulu Tengah dihadiri oleh seluruh PPK se-Kabupaten Bengkulu Tengah, Panitia Pengawas Kecamatan dan Kabupaten, saksi pasangan calon serta tamu undangan lainnya baik dari unsur pemerintah daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Bengkulu Tengah. Hadir juga dalam rapat pleno tersebut komisioner KPU Provinsi Bengkulu dan Bawaslu Provinsi Bengkulu.
Rapat Pleno terbuka yang dimulai pada pukul 09.00 Wib dibuka langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Bengkulu Tengah, Asmara Wijaya yang didampingi oleh empat komisioner lainnya.
Ketua KPU Bengkulu Tengah dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tinggi baik kepada seluruh saksi paslon, PPK dan Panitia Pengawas Pemilu yang telah dapat bekerjasama dengan baik sehingga tahapan pemungutan dan penghitungan hingga rekapitulasi ditingkat Kabupaten dapat terselenggara dengan baik tanpa menyisakan persolan yang berarti.
“Kami menyampaikan apresiasi terhadap para saksi yang merupakan perwakilan dari pasangan calon yang telah hadir tepat waktu serta apresiasi kepada teman-teman PPK dan Pengawas yang telah bekerja dengan baik sampai berakhirnya tahapan penghitungan suara ini,” ungkap Asmara Wijaya.
DSC_1218
Proses Rekapitulasi berjalan dengan lancar dari mulai dibacakannya hasil rekapitulasi tingkat kecamatan Talang Empat hingga terakhir kecamatan Pondok Kubang yang kesemua prosesnya disaksikan oleh Panwaslu Kabupaten Bengkulu Tengah.
Dari hasil Rekapitulasi Penghitungan perolehan suara dari 80.601 pemilih yang tercatat, diketahui jumlah pengguna hak pilih sebanyak 61.205 pemilih yang terdiri dari 57.888 suara sah dan 3.317 suara tidak sah.
Dari sejumlah suara sah tersebut masing-masing pasangan calon mulai dari nomor 1 (satu) Medio Yulistio dan Abdu Rani memperoleh 2.701 suara, pasangan calon nomor urut 2 (dua) Ferry Ramli dan Septi Peryadi memperoleh 31.849 suara dan pasangan calon nomor urut 3 (tiga) M. Sabri dan Naspian memperoleh 23.338 suara sehingga total suara seluruh pasangan calon sebesar 57.888 suara.
Hasil ini menempatkan pasangan calon nomor urut 2 (dua) Ferry Ramli dan Septi Peryadi sebagai perolehan suara terbanyak dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Tengah tahun 2017. Hasil Rekapitulasi tersebut kemudian dituangkan dalam Berita Acara Formulir DB-KWK dengan nomor 116/BA/II/2017 tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Di Tingkat Kabupaten dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Tengah tahun 2017 serta dituangkan dalam Keputusan KPU Kabupaten Bengkulu Tengah Nomor 63/Kpts/KPU-KAB/007-670941/2017 tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara dan Hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Tengah tahun 2017.
Hasil Rekapitulasi tersebut juga kemudian dilakukan scan, upload dan entri data oleh KPU Bengkulu tengah untuk ditayangkan di laman website KPU dalam rangka memberikan akses informasi kepada publik terhadap hasil perolehan suara tersebut.
Rapat Pleno berakhir dengan dilakukannya penandatanganan Berita Acara oleh ketua dan anggota KPU Bengkulu Tengah dan saksi masing-masing pasangan calon. Hanya saja saksi paslon nomor urut 1 dan saksi paslon nomor urut 3 tidak menandatangani berita acara tersebut dan memilih untuk menuangkan nota keberatan dalam formulir model DB2-KWK.
“Tentu kami menghargai keputusan yang diambil oleh saksi dari paslon 1 dan 3 yang tidak menandatangani berita acara ini,” tutup Asmara Wijaya.
DSC_1242
Kapolres : Apresiasi Untuk Masyarakat Benteng
Jelang ditutupnya rangkaian acara Rapat Pleno oleh Ketua KPU Bengkulu Tengah, Kapolres Bengkulu Utara dalam kesempatan ini bersama dengan Komandan Kodim Kota Bengkulu menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan tahapan pemilihan khususnya masyarakat Bengkulu Tengah yang telah bersama-sama menjaga suasana yang aman dan kondusif selama berlangsungnya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Tengah tahun 2017.
“Kami dari aparat keamanan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak khususnya warga masyarakat Kabupaten Bengkulu tengah yang telah bersama-sama menjaga suasana yang aman dan kondusif selama berlangsungnya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Tengah tahun 2017 dari awal hingga selesai penghituingan suara ini,” demikian Kapolres yang di amini oleh Dandim. (irs)